Jumat, 11 April 2008

Sansevieria : Tanaman Hias Anti Polutan

  1. Sansivera merupakan nama latin dari tanaman hias ‘Lidah Mertua’ yang memiliki keunggulan diantaranya:

    1. Sangat tahan terhadap polutan dan bahkan dapat menyerapnya , udara kotor karena polusi mampu diserapnya, begitu pula dengan asap rokok dan hasil pembakaran, radiasi dari berbagai peralatan elektronik seperti Computer, televisi, handphone, juga perlengkapan yang memanfaatkan Gelombang cahaya dan elektromagnetik mampu diminimalisir sehingga tidak berbahaya lagi bagi kesehatan

    2. Mampu bertahan hidup pada rentang suhu dan cahaya yang luas, dan mampu bertahan hidup dalam suhu yang extrem sekalipun, disaat tanaman lain tidak dapat bertahan hidup.
    Penelitian yang dilakukan NASA selama 25 tahun menunjukkan bahwa lidah mertua mampu menyerap lebih dari 107 unsur polutan berbahaya yang ada diudara sebab lidah mertua mengandung bahan aktif pregnane glikosid, yang berfungsi untuk mereduksi polutan menjadi asam organic, gula dan asam amino, dengan demikian unsur polutan tersebut jadi tidak berbahaya lagi bagi manusia. Perlu diketahui penyakit yang ditimbulkan oleh polutan sebagian besar adalah penyakit berat dengan resiko kematian tinggi. Sansivera juga menjadi objek penelitian tanaman penyaring udara NASA untuk membersihkan udara di stasiun ruang angkasa.

    3. Berdasarkan riset dari Wolfereton Environmental Service, kemampuan setiap helai daun lidah mertua bisa menyerap 0.938 mikrogram per jam formalheid. Bila disetarakan dengan ruangan berukuran 75 meter persegi cukup diletakkan lidah mertua dengan 4 helai daun saja. Maka rumah dengan ukuran luas 200 meter persegi sebenarnya hanya memerlukan lidah mertua sebanyak 2 pot saja. Tidak terlalu rumit jika dibandingkan dengan harus menyediakan AC plasma Cluster yang tetap tidak bisa menyerap radiasi dan mereduksi polutan. Jadi sansivera sangat baik diletakkan pada lokasi yang banyak polutan dan sumber radiasi seperti di smoking area, lokasi padat kendaraan, daerah padat penduduk atau didekat peralatan elektronik.

    4. Sansivera adalah tanaman yang mampu bertahan hidup didalam ruangan (indoor), cukup dikeluarkan 1 minggu sekali agar terkena cahaya matahari lalu dimasukkan lagi kedalam ruangan.
    Sansivera jenisnya mencapai 600 an. Dari harga yang ribuan sampai puluhan juta rupiah tergantung jenis, keindahan dan kelangkaanya, Namun fungsi dan manfaatnya sama, hanya estetika dan prestise yang beda.

    Jadi ternyata menciptakan lingkungan yang indah sekaligus sehat ternyata tidak sulit bukan ?
    (Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: